time is runing out

Thursday, August 5, 2010

Tsunami Matahari akan Hantam Bumi Lagi


INILAH.COM, Jakarta – Gelombang tsunami matahari akan kembali menghantam bumi. Namun pakar menegaskan, peritiwa itu bukan akhir dunia yang akan membawa kita kembali ke zaman batu.
Goddard Space Flight Center menemukan ledakan matahari pada Minggu (1/8) di mana ledakan itu mengirimkan gas dalam jumlah besar ke arah bumi dengan kecepatan 1 juta mil/jam.
“Hal ini memang gila! Kami memiliki data-data dari peristiwa besar itu,” kata astrofisikawan matahari NASA, Alex Young.
Gelombang pertama terjadi kemarin malam yang membuat aurora menakjubkan di selatan Wisconsin dan Michigan.
Sejauh ini, katakutan bahwa ledakan itu berpengaruh pada satelit dan pembangkit tenaga listrik tidak terjadi.
“Hal ini bukanlah akhir dunia yang menempatkan kita pada zaman batu lagi. Namun, peristiwa ini memiliki efek luar biasa di mana kita belum siap,” katanya
Perakirawan cuaca luar angkasa memiliki peran yang sangat penting bagi pesawat ruang angkasa yang akan menghadapi peningkatan radiasi selama badai matahari.
Tsunami matahari juga bisa mempengaruhi alat bor minyak yang mengandalkan GPS untuk keakuratannya, komunikasi militer selama pertempuran, serta padamnya pembangkit listrik.
“Saya kira kita terlalu bergantung pada komputer saat ini, dan jika suatu hal buruk terjadi saya rasa kebanyakan sistem kita akan rusak,” kata Peter Kosztolnik dari Fairfax.[ito]
sumber :http://www.inilah.com/news/read/2010/08/05/716101/tsunami-matahari-akan-hantam-bumi-lagi/

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More